Makanan Pencegah Perut Kembung

Perut kembung memang paling tidak enak rasanya, karena perut terasa kembung terkadang membuat kita sulit bernapas yang disebabkan oleh diafragma atau udara di dalam perut perlahan mulai naik ke bagian rongga perut dan rongga dada. Sehingga udara di dalam rongga dada dan rongga perut menjadi tertahan. Selain itu lambung akan menempel pada dinding atau kulit perut sehingga perut akan terlihat seperti membuncit atau gendut.

Menurut Timothy S. Harlan, MD, Seorang direktur Medis di sebuah School Of Medicine, Tulane University memberi sebuah solusi terbaik untuk menghindari atau setidaknya mencegah dari perut kembung dengan cara menghindari minuman bersoda atau beralkohol, makanan yang mengandung lemak jenuh, dan makanan yang berminyak. Menurutnya jenis makanan dan minuman tersebut dapat menghambat metabolisme tubuh dan organ pencernaan seperti lambung dan usus dari pengosongan.

Contoh nyata jika dalam keadaan perut kosong belum terisi makanan atau ketika sedang makan-makanan tertentu di iringi dengan minuman bersoda, maka lambung akan memberikan suatu reaksi yang mengejutkan perut langsung terasa kembung dan hampa, selain itu dapat berakibat pada masuk angin.

Berikut ini ada beberapa jenis makanan yang dapat dikonsumsi sebagai pencegah perut kembung, antara lain :

1. Pepaya

Buah pepaya merupakan buah yang sangat fenomenal tumbuh berkembang dan berbuah tanpa mengenal musim. Buah pepaya mengandung Enzim yang sangat baik untuk membantu melancarkan proses pencernaan dalam tubuh selain itu membuat tubuh terasa nyaman. Buah pepaya juga mengandung serat yang cukup baik sehingga perut akan terasa kenyang lebih lama tanpa menyebabkan perut kembung, pepaya juga digunakan sebagai buah untuk mengatasi panas dalam. Buah pepaya dapat disajikan dengan campuran yogurt tawar untuk sarapan pagi yang menyehatkan atau dengan dikonsumsi sebagai dessert (pencuci mulut) dengan olahan dibuat puding atau panna cotta (dessert dari Italia yang berupa krim yang dimasak) dengan saus puree pepaya diatasnya.

2. Oatmeal

Menurut analisa dari para peneliti mengungkapkan bahwa gandum yang dijadikan sebagai komposisi utama dari oatmeal sangat dianjurkan dikonsumsi sebagai sarapan pagi anda untuk memenuhi kebutuhan akan protein, karbohidrat, dan serat yang cukup bagi tubuh. Oatmeal juga dapat dicampurkan pada adonan untuk membuat kulit luar pai dan dedak gandum dapat dicampurkan pada susu yang biasa Anda minum setiap hari.

3. Yogurt

Yogurt memang sangat baik dikonsumsi guna untuk membantu melancarkan proses pencernaan dalam tubuh. Yogurt memiliki bakteri yang cukup baik. Namun pastikan yogurt yang akan dibeli memang memiliki bakteri yang cukup baik dan efisien serta mencegah perut tidak kembung. Pilihlah yogurt tawar organik yang memiliki bakteri yang baik dan aktif. Jika yogurt Anda ingin terasa manis dapat Anda tambahkan selai strawberry.

4. Asparagus

Menurut Harlan, di dalam asparagus ditemukan kandungan baru yang memiliki beberapa manfaat probiotik yang dapat meringankan gas atau udara yang ada di dalam perut. Selain itu kandungan diuretiknya dapat membantu melancarkan pembuangan air seni dan mengendalikan kelebihan air di dalam perut sehingga perut dapat terhindar dari rasa kembung. Campurkan asparagus dalam sajian sup Anda.


=====================================

>>> XAMdetox Membantu Mengeluarkan & Membersihkan Racun Dari Dalam Tubuh, Perut Kembung/Masuk Angin, Mengatasi Panas Dalam Dan Susah Buang Air Besar, Produk Herbal, Klik Detail Disini!
=====================================
This entry was posted in Herbal Untuk Mengatasi Masuk Angin, Makanan Pencegah Perut Kembung, Xam Detox and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>